Cara Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan yang tidak idel tentu bukan sesuatu yang menyenangkan, terlebih jika kita adalah seseorang yang sangat perfeksionis terhadap penampilan. Seseorang yang memiliki berat bedan yang berlebih tentu akan berusaha keras untuk mencari cara menurunkan berat badan yang efektif demi menunjang penampilan di muka umum.

Selain masalah penampilan, obesitas juga memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan, seperti memicu terjadinya penyakit stroke, jantung, hipertensi, pernapasan, kesuburan, dll. Sehingga sangat penting untuk memiliki berat badan ideal untuk menghindari penyakit-penyakit tersebut hinggap ke badan kita.

Sebelum membahas mengenai cara menurunkan badan, tentu ada baiknya kita mengetahui dulu penyebab-penyebab terjadinya obesitas atau kegemukan. Beberapa diatantaranya sebagai berikut:

Penyebab Obesitas

1. Faktor genetik

Faktor genetik merupakan faktor yang paling sering menyebabkan obesitas. Seseorang yang mewarisi gen gemuk dari orang tua akan memiliki peluang obesitas yang besar pula.

2. Efek samping obat-obatan.

Obat-obatan seperti antidepresan, antipsikotik, antiepilepsi, steroid, obat diabetes, dan obat penghambat beta adalah beberapa obat yang dapat memicu terjadinya kenaikan berat badan.

3. Kehamilan

Perubahan hormon yang terjadi pada masa kehamilan dapat meningkatkan nafsu makan sehingga dapat berpengaruh pada kenaikan berat badan.

4. Pertambahan usia

Semakin bertambahnya usia seseorang, maka akan mengakibatkan sistem metabolisme tubuh menurun, hal ini dapat meningkatkan risiko bertambahnya berat badan.

Setelah mengetahui penyebab-penyebab obesitas diatas, lantas bagaimana cara menurunkan berat badan secara alami?

Tips Menurunkan Berat Badan

1. Hindari Makan Tengah Malam

Mengonsumsi makanan pada jam-jam tengah malam dapat memicu terjadinya obesitas. Hal ini dikarenakan karena setelah mengonsumsi makanan, kita cenderung akan tidur sehingg tubuh kita tidak melakukan aktifitas apapun. Hal ini mengakibatkan lemak dan kalori akibat asupan makanan yang kita konsumsi menumpuk dalam tubuh.

2. Mengonsumsi Cemilan Sehat

Cemilan merupakan salah satu penyebab kenaikan berat badan, sehingga sangat penting bagi kamu yang suka ngemil untuk memilih cemilan yang tepat. Cemilan seperti agar-agar atau pudding merupakan pilihan terbaik saat kamu sedang menjalankan program diet. Selain enak, cemilan ini juga mampu melancarkan sistem pencernaan.

3. Olahraga

Kita sama-sama tahu bahwa orang-orang yang sukses menjalankan program diet selalu melakukan olahraga setiap harinya. Bagi kamu yang mungkin baru memulai, mulailah dengan olahraga ringan seperti jalan kaki di pagi hari, bersepeda, atau senam.

4. Kurangi porsi makan

Porsi makan tentu merupakan salah satu penyebab utama terjadinya penumpukan lemak, sehingga penting untuk mengurangi porsi makan jika kamu ingin segera mendapatkan berat badan yang ideal. Diet yang sehat adalah dengan mengurangi porsi makan, bukan dengan tidak makan sama sekali. Hal ini dikarenakan tubuh kita butuh energi untuk menjalankan aktifitas sehari-hari.

Mulailah mengurangi porsi makan kamu mulai dari 10-20% dari porsi sebelumnya.

5. Konsumsi makanan berserat tinggi

Makanan dengan serat yang tinggi sangat baik untuk membantu program diet kamu. Makanan berserat tinggi tidak langsung dicerna oleh tubuh. Makanan dengan serat tinggi merupakan makanan yang menyehatkan sistem pencernaan, jadi mulai sekarang perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayur.

Kurang lebih seperti itulah tips untuk menurunkan berat badan secara alami. Jaga pola hidup dan pola makan kita agar lemak di tubuh tidak menumpuk di dalam tubuh.

Bahan Alami untuk Menurunkan Berat Badan

1. Buah Plum

Buah Plum
Gambar: www.pexels.com

Apakah kamu sudah mengenal buah plum? Buah yang satu ini saat ini menjadi buah yang banyak dicari oleh para pelaku diet. Buah plum sangat baik untuk melancarkan perncernaan karena kaya akan serat.

2. Tahu

tahu

Iya tahu. Makanan yang berasal dari hasil olahan kacang kedelai ini tentu sudah sangat familiar di telinga. Tapi tahukan kamu jika tahu ternyata kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan? Selain itu, mengonsumsi tahu dapat membuat kita lebih cepat kenyang.

3. Brokoli

Buah yang bentuknya mirip kaya rambut kribo ini memang rasanya sedikit aneh, alhasil banyak orang yang kurang begitu suka mengonsumsinya. Tapi dibalik rasanya yang aneh, ternyata brokoli memiliki kalori yang sangat rendah, tapi seratnya sangat tinggi sehingga baik untuk diet.

4. Teh Hijau

teh hijau

Teh hijau sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu bahan alami untuk menurunkan berat badan, bahkan tak jarang kita melihat begitu banyak iklan produk di TV mengenai teh hijau.

Teh hijau memiliki kandungan senyawa EGCG (Epigallocatechin gallate) dan kafein yang dapat memecah sel lemak sebelum dipindahkan ke aliran darah. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa mengonsumsi teh hijau sebelum olahraga dapat membakar lemak 17% lebih banyak

5. Beras Merah

beras merah

Beras merah saat ini banyak digemari masyarakat, hal ini dikarenakan beras merah lebih kaya akan nutrisi dibanding dengan beras putih biasa sehingga baik untuk kesehatan. Beras merah bermanfaat untuk urusan diet karena mengandung serat yang dapat membuat setiap orang yang mengonsumsinya tidak mudah lapar.

Iklan

Tinggalkan komentar