Gejala Batu Ginjal

Kini, beragam penyakit telah berkembang dan menyebabkan banyak orang terjangkit. Salah satu penyakit yang banyak diderita orang adalah batu ginjal. Batu ginjal umumnya terdapat dalam saluran kemih. Jangan anggap remeh batu ginjal ini karena penyakit ini dapat mengakibatkan sakit yang parah. . Gejala batu ginjal pun perlu diperhatikan agar diperoleh pengobatan yang tepat.

Batu ginjal adalah penyakit yang terjadi karena adanya material keras seperti batu di dalam ginjal. Material keras tersebut terbentuk karena adanya sisa zat-zat limbah dalam darah yang dipisahkan oleh ginjal, kemudian mengendap dan seiring berjalannya waktu menjadi kristal. Alangkah baiknya jika Anda memperhatikan kesehatan Anda semenjak dini agar penyakit batu ginjal dapat dicegah. Salah satu pencegahannya adalah dengan mendeteksi gejala batu ginjal. Berikut ulasannya untuk Anda.

Gejala Batu Ginjal yang Perlu Anda Ketahui

1. Tubuh Kekurangan Kalsium

Apabila tubuh kekurangan kalsium, maka oksalat kurang dapat diikat denan baik sehingga kurang mampu mencegah zat tersebut untuk masuk ke saluran kemih. Oleh sebab itu, oksalat berpotensi untuk membentuk batu ginjal di saluran kemih. Oleh sebab itu, sebaiknya tubuh mendapat asupan kalsium yang cukup. Orang yang mengonsumsi kalsium dalam jumlah yang kurang lebih rentan terkena batu ginjal daripada orang yang mengonsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup.

2. Punggung dan Perut Terasa Sakit

Salah satu gejala batu ginjal adalah nyeri pada punggung dan perut. Apabila Anda merasa sering terasa nyeri di punggung atau perut dalam jangka waktu yang cukup lama bahkan membuat Anda kesulitan untuk duduk dan berdiri dengan baik, maka segera berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

3. Urin Berubah Warna

Batu ginjal yang terdapat pada saluran kemih dapat menyebabkan urin berubah warna. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda selalu mengecek kondisi warna urin Anda setiap harinya. Jika urin berwarna kecokelatan dan berbeda dari urin normal, maka segeralah untuk berkonsultasi ke dokter.

4. Merasa Sakit Saat Buang Air Kecil

Salah satu gejala batu ginjal adalah rasa sakit ketika buang air kecil. Hal tersebut terjadi karena batu ginjal yang terdapat pada saluran kemih mengiritasi organ. Oleh sebab itu, penderita batu ginjal dapat merasakan sakit saat buang air kecil.

5. Terjadi Pendarahan Saat Buang Air Kecil

Batu ginjal yang terdapat dalam saluran kandung kemih dapat menyebabkan kondisi pendarahan dalam urin. Kondisi tersebut disebut sebagai hematuria. Pendarahan dalam urin terjadi karena batu ginjal menyekresikan darah dalam jumlah kecil dalam urin. Oleh sebab itu, urin dapat berwarna merah gelap.

6. Turunan Penyakit Batu Ginjal dari Silsilah Keluarga

Risiko menderita batu ginjal dapat meningkat dalam keluarga penderita batu ginjal. Hal tersebut karena orang tua yang memiliki gangguan dalam sistem sekresinya, yaitu kurang mampu menyerap oksalat, dapat mewariskan hal itu pula kepada keturunannya.

7. Terkena Penyakit Inflamasi Usus

Penderita penyakit inflamasi usus berisiko untuk terserang batu ginjal pula. Hal tersebut karena penyakit inflamasi usus mengalami diare dan dehidrasi yang dapat mengakibatkan batu ginjal.

8. Terjadi Infeksi Saluran Kemih yang Berulang-Ulang

Infeksi saluran kemih yang terjadi secara berulang mampu menyebabkan batu ginjal. Hal tersebut karena batu ginjal akan tersumbat di saluran kemih. Apabila Anda atau kerabat Anda mengalami hal-hal tersebut, segera pergi dan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Iklan

Tinggalkan komentar