Manfaat Buah Carica

Buah carica hanya tumbuh di dataran tinggi sehingga sulit ditemukan selain di tempat tersebut. Dataran tinggi umumnya memiliki suhu yang dingin sehingga mendukung pertumbuhan pohon dari buah carica. Di Indonesia, buah carica tumbuh dengan baik di dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Manfaat buah carica pun sangat banyak dan baik untuk kesehatan.

Buah carica umumnya terasa masam dan memberikan rasa segar bagi tubuh. Umumnya, buah carica diolah menjadi manisan. Buah carica ini memiliki kandungan serat, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, enzim papain, dan kalsium. Oleh sebab kandungan tersebut, buah carica sangat bermanfaat bagi kesehatan. Lalu, apa saja manfaat buah carica? Simaklah ulasan berikut!

Manfaat Buah Carica untuk Kesehatan

1. Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Buah carica mampu membentuk kolagen dalam tubuh. Kolagen memberi manfaat pada kulit untuk menghindari penuaan dini dan menjaga kulit agar tetap mulus. Sebaiknya, buah carica dikonsumsi secara kontinyu agar efek untuk kulit semakin terasa.

Selain itu, buah carica pun dapat diolah menjadi obat untuk kulit. Namun, meracik buah ini untuk obat tentu tidak boleh sembarangan dan memerlukan uji di laboratorium. Hal tersebut pun dapat menjadi penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat.

2. Memperlancar Pencernaan Pada Tubuh

Buah carica memiliki kandungan vitamin C dan serat sehingga berkhasiat untuk memperlancar pencernaan pada tubuh. Jika Anda memiliki masalah terkait pencernaan, tak ada salahnya jika Anda rutin mengonsumsi buah ini.

Untuk memperlancar sistem pencernaan, Anda pun dianjurkan mengonsumsi buah dan sayur secara rutin. Apabila Anda kekurangan serat, maka akan muncul gangguan-gangguan dalam tubuh yang menghambat produktivitas Anda. Oleh sebab itu, sebisa mungkin kita melakukan pencegahan agar tubuh senantiasa sehat.

3. Membersihkan Usus dari Bakteri Jahat

Buah carica mampu membersihkan usus secara alami. Buah ini pun bermanfaat untuk memberikan keseimbangan pH atau derajat keasaman pada usus sehingga bakeri jahat pun dapat dihalau serta dihilangkan.

Apabila usus kita sehat, maka proses pencernaan pun dapat berlangsung dengan baik. Namun, Anda pun harus memerhatikan pula makanan yang Anda konsumsi. Apabila Anda mengonsumsi makanan yang kurang baik untuk kesehatan, terutama usus, maka akan mengganggu sistem pencernaan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga pola hidup sehat.

4. Membuat Mata Menjadi Sehat

Sama dengan wortel, buah carica pun memiliki kandungan vitamin A yang berfungsi untuk menyehatkan mata. Apabila Anda tidak menyenangi wortel, maka carica dapat digunakan sebagai pengganti untuk menyediakan asupan vitamin A.

Selain itu, menjaga kesehatan mata perlu diimbangi dengan pola hidup yang sehat, misalnya tidak membaca di tempat dengan cahaya kurang atau remang-remang, tidak terlalu lama menatap layar komputer, dan mengecek kesehatan mata secara rutin.

5. Menguatkan Metabolisme

Buah carica memiliki kandungan serat, vitamin, dan kalsium yang mampu menguatkan metabolisme dalam tubuh. Hal tersebut pun bermanfaat agar terbentuk fisik yang lebih kuat dan terhalau dari virus serta bakteri.

Agar fisik selalu kuat, perlu pula untuk diimbangi dengan olah raga teratur. Tak harus olah raga yang berat, Anda pun dapat menjaga fisik yang kuat dengan olah raga kecil selama beberapa menit sebelum beraktivitas. Berbagai jenis olah raga dapat Anda lakukan, misalnya dengan berlari kecil selama 30 menit, melakukan push up selama 20 kali, atau fitness seminggu sekali.

Iklan

Tinggalkan komentar