Manfaat Buah Duku

Duku menjadi salah satu buah yang digemari oleh banyak orang. Buah ini berbentuk bundar dan memiliki rasa manis. Ketika dimakan, duku akan memberikan rasa segar dan manis atau kadang keasaman sehingga mampu memperbaiki mood. Buah ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Apa saja manfaat buah duku? Simak ulasan berikut!

Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan

1. Menjadi Obat bagi Sakit yang Berhubungan dengan Perut

Manfaat buah duku yang pertama adalah mampu menjadi obat bagi sakit perut.  Buah duku dapat mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas. Selain itu, kulit buah dan bijinya bermanfaat sebagai antidiare dan mencegah disentri. Buah duku pun telah dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional.

Buah duku memiliki kandungan serat yang tinggi, kalori, mineral, dan zat besi. Bahkan,kandungannya melebihi apel atau jeruk manis. Oleh sebab itu, buah duku bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat.

2. Mengandung Vitamin C yang Berfungsi Sebagai Antioksidan

Buah duku memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C tersebut berperan sebagai antioksidan yang berfungsi sebagai pertahanan terhadap kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Radikal bebas tersebut memiliki efek negatif bagi tubuh, yaitu dapat menyebabkan kanker dan penuaan diri.

Oleh sebab itu, tubuh dengan antioksidan dalam jumlah yang cukup dapat mengurangi kerusakan pada tubuh. Vitamin C pun mampu melindungi molekul penting dalam tubuh, yaitu protein, lipid, karbohidrat, dan asam nukleat dari potensi kerusakan akibat radikal bebas, racun, atau polutan.

3. Bermanfaat bagi Kesehatan Gusi dan Mulut

Vitamin C dalam buah duku bermanfaat pula untuk menjaga kesehatan gusi dan mencegah gusi berdarah. Vitamin C pun berperan untuk menjaga permeabilitas lapisan sel pada gusi dan mulut supaya mencegah sariawan. Kandungan fosfor dalam duku pun bermanfaat untuk menguatkan gigi.

4. Baik untuk Proses Pemulihan Tubuh

Vitamin C dalam buah duku sangat baik untuk membantu pemulihan atau recovery tubuh dari sakit atau rasa lelah. Hal tersebut karena vitamin C bermanfaat bagi tubuh untuk mempertahankan kekebalan tubuh.

5. Menurunkan Berat Badan bagi Orang yang Diet

Vitamin C dalam buah duku menjadi aspek yang penting untuk proses biosintesis molekul kecil, misalnya protein, yang disebut sebagai carnitine. Carnitine akan mengarahkan molekul-molekul lemak menuju dalam sel pada jaringan tempat pembakaran lemak. Oleh sebab itu, carnitine yang terdapat dalam tubuh akan membuat akumulasi lemak menjadi menurun. Maka, buah duku menjadi pengontrol lemak yang baik dan baik pula untuk orang yang menjalani program diet.

6. Mengendalikan Kolesterol

Vitamin C dalam buah duku mampu membantu metabolism kolesterol sehingga menjadi asam empedu. Hal tersebut memiliki manfaat yang baik pula untuk mencegah batu empedu.

7. Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung

Buah duku memiliki kandungan thiamine yang berfungsi untuk mencegah penyakit jantung. Selain itu, buah duku pun mengandung riboflavin yang berguna untuk mempromosikan produksi energi dari karbohidrat harian, serta meningkatkan produksi sel darah merah.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah duku mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Vitamin E akan membuat kulit menjadi menjadi lembab, meningkatkan elastisitas kulit, mencegah terjadinya penuaan dini, melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet, dan membantu proses penyembuhan luka. Selain itu, buah duku pun mengandung vitamin A yang bermanfaat pula untuk menjaga kulit agar tetap sehat.

Iklan

Tinggalkan komentar